Minggu, 20 Maret 2016

INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception)


INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception)
My personality tipe based MBTI Test





 

So, I just took a test at https://www.16personalities.com/free-personality-test, and I got INFP. Lebih spesifiknya gue dapet Mediator.
Setelah search di google, versi Indo artikel tentang INFP, gue nemu artikel ini. Cuma gue lupa diposting sama siapa TwT /digeplak/
So, guys, ini bukan tulisan gue. Tapi gue share yak~ credit ke yang ngerasa punya postingan huehehe

INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception)
“The Idealists” (Idealis) & “Healer” (Penyembuh)



Gambaran Singkat Kepribadian INFP


Idealis, setia kepada prinsip yang mereka genggam serta orang-orang yang penting bagi mereka. Ingin kehidupan yang selaras dengan prinsip yang mereka genggam. Ingin tahu, mudah untuk melihat kemungkinan, bisa menjadi pemicu untuk memulai mewujudkan ide-ide. Berusaha untuk memahami orang lain, dan membantu mereka untuk mencapai potensi mereka. Mudah beradaptasi, fleksibel, dan mudah menerima, kecuali jika itu bertentangan dengan prinsip-prinsip mereka. (Kata sahabat gue, yg ini bener gue banget) hehe





Definisi, Gambaran, dan Dimensi INFP



INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INFP kedalam Temperamen Idealist, diperkirakan populasi INFP didunia yakni antara 4–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.


Dimensi MBTI dalam Kepribadian INFP 

I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri. (bener gue banget) 
N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada. (bener gue banget) 
F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika. (bener gue banget) 
P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi. (bener gue banget) 



Ciri-Ciri Umum INFP

 

  • Para INFP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sangat memegang prinsip.
  • Hangat, tertarik pada hubungan dengan orang lain.
  • Berorientasi pada pelayanan, biasanya menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. (Yah, gue banget)
  • Loyal dan biasanya mengabdikan diri untuk orang lain.
  • Berorientasi ke masa depan.
  • Berorientasi pada pertumbuhan; selalu ingin berkembang ke arah yang positif.
  • Kreatif dan inspiratif.
  • Fleksibel dan santai, kecuali prinsip mereka dilanggar.
  • Sensitif dan kompleks (bener banget) :D
  • Tidak suka berurusan dengan rincian dan rutinitas kerja.
  • Original dan individualistis; “Keluar dari zona mainstream”
  • Kemampuan komunikasi tertulis yang baik.
  • Lebih suka bekerja sendiri, dan mungkin memiliki masalah dalam bekerja pada tim. (haha, bener banget)
  • Menghargai kedalaman dan keautentikan hubungan.
  • Ingin dilihat dan dihargai karena siapa mereka.

INFP Relationships


Pada dasarnya dua individu dari jenis kepribadian apapun yg mengelola dengan baik hubungan mereka, dapat menikmati hubungan yg sehat. Tapi mitra alami INFP adalah ENFJ, atau ESFJ. Para INFP yg dominan dengan fungsi Introverted Feeling (IF) paling cocok dengan tipe kepribadian yg didominasi fungsi Extraverted Feeling (EF). Tapi juga ini bukan mau membatasi kamu untuk berpartner yaa, dan gak juga menjamin bahwa seorang yg merupakan mitra alami versi teori MBTI ini selalu akan menjadi partner yg baik.


(Mengenal INFP, mengenal Gue lebih jauh)


Seorang INFP adalah seorang pemimpi, imajinatif, idealis (harfiah), mampu menemukan kebaikan dalam apapun atau siapapun bahkan dalam suatu hal yang buruk. Seorang INFP dapat berdampak buruk jika ia menganut paham yang buruk, dan dapat berdampak baik jika ia menganut paham yang baik.

Seorang INFP akan cenderung memandang dunia dari sudut pandang internalnya dimana ia akan memperlakukan sesuatu berdasarkan perasaannya terhadap obyek tersebut atau bagaimana obyek tersebut sesuai dengan sistem nilai yang dianutnya. Kecenderungan berikutnya adalah ia mengandalkan intuisi. (Nah, ini yg sering jadi masalah dalam kehidupan gue. saat gue lebih mengandalkan perasaan daripada logika)

Seorang INFP memiliki kelebihan dari kategori pribadi intuitif lainnya karena mereka ingin menjadikan dunia lebih baik. Tujuan utama mereka adalah menemukan untuk apa mereka tercipta, bagimana mereka bisa melayani kemanusiaan dengan cara terbaik. Mereka idealis dan perfeksionis, maka mereka akan mengerahkan segenap kemampuan mereka untuk mencapai target yang telah mereka tentukan untuk diri mereka sendiri. (yapp, bener banget)

Seorang INFP adalah seorang yang sangat intuitif, mereka sangat bergantung pada perasaan dalam mengarahkan diri mereka untuk terus menemukan nilai-nilai dalam hidup. Mereka terus berada dalam misi tak berakhir dalam pencarian kebenaran sejati dan maksud yang tersembunyi. Setiap penghadang dan pengetahuan yang dialami INFP diayak dalam kepala mereka untuk diolah menjadi arahan baru bagi hidup mereka yang lebih baik. Hasil yang mereka kejar selalu sama: membantu orang lain dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik. (setuju)

Secara umum mereka adalah orang yang suka berpikir dan membuat pertimbangan, mereka adalah pendengar yang baik dan ingin memudahkan orang lain. Walaupun terlihat sangat menutupi ekspresi emosinya, mereka memiliki kepedulian yang dalam dan tertarik untuk memahami orang lain. Kelebihan ini dapat dirasakan oleh orang lain yang kemudian menjadikan orang INFP teman baik dan orang kepercayaan. Seorang INFP dapat menjadi sangat hangat untuk orang-orang yang dikenalinya dengan baik.

Seorang INFP tidak menyukai konflik dan sangat berusaha menghindari konflik. Jika mereka terpaksa menghadapinya, mereka akan berusaha menyelesaikannya dengan perasaan mereka.(yaa, dengan perasaan. Dan gue terkadang selalu kalah setiap ngadepin orang yg terlalu mengandalkan logikanya. Disaat itulah gue nyerah L ini pengalaman lalu soalnya ) Dalam situasi konflik, seorang INFP tidak terlalu memandang siapa yang benar dan siapa yang salah melainkan fokus pada perasaan kedua belah pihak yang berkonflik. (sepakat dengan pernyataan yg ini hehe). Mereka hanya tidak ingin ada perasaan bersalah. Hal inilah penyebab mereka tampil tidak rasional dan tidak logis dalam berkonflik. Di sisi lain, seorang INFP adalah mediator yang sangat baik. Mereka biasanya mampu mendamaikan dua pihak yang bertikai karena mereka mampu melihat dari sudut pandang kedua belah pihak dan memiliki keinginan dari dalam pribadinya untuk menolong. (bener, malah terkadang jadi kepikiran banget dengan masalah org yg gak selesai2).

Seorang INFP adalah tipe fleksibel dan berpangku tangan hingga nilai yang mereka anut terancam. Ketika nilai yang dianut sedang terancam, seorang INFP dapat menjadi agresif, siap bertarung mati-matian untuk melindungi nilainya. Ketika seorang INFP mengambil suatu pekerjaan yang mereka sukai, itu akan menjadi sebuah nilai bagi mereka. Walaupun mereka bukan orang yang memperhatikan detail, mereka akan mengerjakan setiap detail dengan seksama ketika mereka mengerjakan pekerjaan yang mereka suka. (misalnya menjahit, mendesign, menulis, dan menggambar) hehe

Ketika berurusan dengan detail-detail keberlangsungan hidup, seorang INFP kurang memberikan perhatian yang cukup. Mereka mungkin tidak akan melihat sobekan di karpet yang setiap hari mereka lewati, namun akan membersihkan secuil debu yang menempel di buku aktivitas mereka.

Seorang INFP tidak suka berhubungan dengan banyak data dan fakta (pantesan nilai statistika gue jelek, ternyata data adalah musuh gue hehe). Mereka fokus pada perasaan dan kondisi manusia sehingga mereka kesulitan mengambil keputusan yang tidak berhubungan dengan manusia. Mereka tidak mempercayai validitas penilaian non-manusia yang mengakibatkan mereka tidak pandai menggunakannya. Beberapa INFP merasa tidak perlu memahami analisis impersonal, sementara beberapa INFP lainnya yang telah menempuh kehidupan baru cenderung mengajak tim-nya untuk saling percaya. Dalam kemarahan, seorang INFP sering salah menggunakan data dan fakta karena sangat terpengaruh dengan perasaannya sendiri. (bener, malah jadi mendramatisir)

Seorang INFP memiliki standar perfeksionis yang tinggi. Biasanya mereka keras pada diri mereka sendiri dan jarang menghadiahi diri. Biasanya INFP tidak cocok bekerja sama dalam tim karena akan memiliki standar yang lebih tinggi dari yang lain. (haha)

Seorang INFP biasanya berpikif dengan mandiri. Dalam suatu kondisi sistem grup, seorang INFP akan bertindak memimpin. Seorang INFP harus menyesuaikan pekerjaan mereka dengan mencukupi kebutuhan hidupnya. Jika mereka masih belum menyelesaikan suata permasalahan, mereka tidak akan merasa tenang dan mungkin terlihat terlalu bingung dalam menghadapi orang.

Seorang INFP umumnya berbakat menulis. Mereka mungkin menjadi kikuk dan tidak nyaman ketika berekspresi dengan kata-katan lisan namun memiliki kemampuan luar biasa dalam mengartikan dan menyampaikan perasaannya di atas kertas. INFP biasanya muncul dalam kegiatan pelayanan sosial

Seorang INFP dengan kemampuan sisi-sisi yang baik tersebut mampu menyelesaikan suatu pekerjaan yang berat dan inspiratif yang kemudian mereka tidak akan menghadiahi diri jika telah selesai. Beberapa motivator di dunia adalah seorang INFP.


Ok, jadi ringkasan secara super ringkas kayak gini : Untuk seorang INFP, keselarasan dalam hidup adalah suatu keutamaan. Mereka adalah orang yang sangat imajinatif dan sering memusatkan sebagian besar energinya pada visi dan mimpi mereka. Karena mengutamakan keselarasan, seorang INFP menjadi fleksibel, toleran pada perubahan, dan mudah untuk menyesuaikan diri. Dalam bekerja mereka menetapkan standar yang tinggi bagi diri mereka dan cenderung perfeksionis. Mereka juga suka mempelajari dan tertarik pada konsep-konsep atau ide-ide abstrak, dan bila sudah yakin terhadap suatu ide akan sangat percaya. Biasanya terlihat pendiam dan perenung karena memang seorang INFP sering introspektif. Populasi orang tipe INFP sangat jarang, diperkirakan hanya ada sekitar 2%, atau 4-5% populasi orang di dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian ini.

Ada beberapa kelemahan dari seorang INFP. Mereka sering menuruti pendapat orang lain walaupun mereka mempunyai pendapat yang berbeda, ini terjadi karena mereka tidak menyukai argumentasi dan mengutamakan keselarasan. Suka ragu dalam mengkritik orang lain dan lama sekali untuk berkata “tidak.” Sering mengambil tanggung jawab yang melebihi kapasitasnya dan tidak menyukai pekerjaan yang rutin.

Baiklah, setelah panjang lebar bicara tentang kepribadian INFP, ada rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian INFP… Check it out..


INFP Career Matches



Tadaaa, ini dia beberapa jenis pekerjaan yg cocok untuk tipe-tipe seperti gue dan setelah gue baca, itu kebanyakan adalah pekerjaan-pekerjaan yang emang gue suka, dan juga ada beberapa pekerjaan yg jadi cita-cita gue dari dulu (cocok)(akurat) hehe:


  1. Activist
  2. Architect
  3. Artist
  4. Actor
  5. Counselor
  6. Church Worker
  7. Employee Development Specialist
  8. Educational Consultant
  9. Editor
  10. Filmmaker
  11. Fashion Designer
  12. Graphic/Web Designer
  13. Holistic Health Practitioner
  14. Human Resources
  15. Journalist
  16. Librarian
  17. Legal Mediator
  18. Massage Therapist
  19. Missionary
  20. Musician
  21. Minister
  22. Psychologist/Counselor
  23. Photographer
  24. Physical Therapist
  25. Researcher
  26. Social Scientist
  27. Speech Pathologist
  28. Social Worker
  29. Translator/Interpreter
  30. Teacher/Professor
  31. Video Editor
  32. Writer



So, hidup INFP !! hahaha.. yang ini baru bener-bener cocok sama kepribadian gue… setelah gue renungkan sekian lama dan liat gimana cara gue face problem, interaksi, dan lain-lain, ternyata gue sadar, inilah gue. INFP. Walaupun Cuma 4-5% dari jumlah populasi dunia org yg punya tipe ini, tapi gue seneng :) Artinya gue istimewa men /eak
Yang udah nambahin komentar di artikel ini, tos yuk (*o*)/
Kita kok bisa samaan, makanya komennya gak gue hapus~
elunyaajayangmalesmbi

0 komentar: